Target Pengerjaan Jembatan Honggosoco Dua Bulan



LINTASKUDUS.COM - Diperkirakan selama kurang lebih dua bulan perbaikan jembatan Honggosoco, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, rampung. Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk selama satu bulan dan pengerjaan teknis lainnya kurang lebih selama satu bulan.

Harry Wibowo Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kudus mengatakan mulai pengerjaan perbaikan akhir bulan Juli dan diperkirakan rampung bulan November.


"Ini berwal dari adanya lubang di jembatan, ini kita tangani dengan anggaran rutin dengan mengganti lantai jembatan, nanti konstruksinya pakai plat bondek dan beton. Untuk progres nya saat ini kita membongkar lantai jembatan, kurang lebih sudah 15 persen," ujar Harry, Rabu (29/7/2020).


"Kami bongkar dulu, lalu kami ganti lantainya, dengan anggaran perbaikannya sebesar Dua Ratus Lima Puluh Juta Rupiah," paparnya.


Lebih lanjutnya, kondisi beton ini memang sudah nggak parah. Pasalnya, selain karena konstruksi bangunan yang sudah lama, jembatan tersebut juga acap kali menamoung beban yang overload.


Untuk lebar jembatan yang dioerbaiki, tambah Harry, kurang lebih 3,5 meter, dan panjangnya sekitar 24 meter. Pihaknya juga harus menutup akses sementara untuk kendaraan roda empat, namun tetap memberi akses untuk kendaraan roda dua yang bisa digunakan aecara bergantian.


"Sebab di sini ada sekolahan dan dekat dengan pasar, sehingga harapan masyarakat untuk sepeda motor dan pejalan kaki masih bisa lewat," imbuhnya.


"Target untuk bisa dioperasikan kembali maksimal dua bulan, karena untuk usia beton itu kurang lebih hanya satu bulan. Dan ini kembali untuk fungsi jalan kelas 3, berarti batas maksimal hanya 8 ton saja," ungkapnya.(SR)

No comments

Powered by Blogger.