Pendemi, Penjual Pisau Sembelih Justru Naik Lewat Pasar Online



LINTASKUDUS.COM . Kudus - Di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19 di Kudus penjual pisau sembelih memilih berjualan lewat pasar online. Kenaikan penjualan pisau sembelih hewan kurban mencapai 70 persen, menejelang Hari Raya Idul Adha 1441 H.



Ketua Kelompok Pengrajin Sentra Logam Kudus M Syahri Baedlowi, saat ditemui di kediamannya di Desa Hadipolo Kecamatan Jekulo, Selasa (28/7/2020), tengah menyiapkan sejumlah pisau hewan kurban yang hendak dikirim kepada pembeli. Satu persatu pisau dicek. Tampak dia juga melihat ketajaman pisau yang terbuat dari logam tersebut.


"Karena kami punya cara untuk menjual lewat online. Karena kebanyakan orang tidak berani ke pasar, pedagangnya juga tidak ke pasar. Akhirnya yang terlaris membeli pisau sembelih hewan kurban ini lewat online. Naik 70 persen bisa dari tahun lalu,” ujarnya.


Lebih lanjutnya, untuk momen menjelang hari Raya Idul Adha atau hari kurban permintaan pisau sembelih hewan kurban naik. Karena kebanyakan orang membutuhkan pisau untuk menyembelih hewan kurban.



“Untuk idul adha ini, cenderung meningkat. Momen khusus orang membutuhkan alat untuk berkurban. Pertama adalah berang (pisau untuk menyembelih hewan kurban) untuk menyembelih dibutuhkan setiap tahunnya. Minimal kalau tidak beli baru pasti mengasahkan lagi,” jelas Syahri.


Syahris yang sudah menekuni pengrajin pisau sejak tahun 2003 ini mengungkapkan permintaan pisau sembelih hewan kurban datang dari berbagai wilayah. Tidak hanya Kudus melainkan luar Kudus. Bahkan saat ini dia akan mengirim peralatan kurban ke New Zealand.


“Permintaan, karena kita penjualan online ke luar jawa, bahkan ada dari TKW (yang bekerja di) New Zealand. Itu beli peralatan kurban yang dapur (pisau dapur untuk memotong daging). Itu beli Rp 2 juta,” ujar dia.


Adapun pisau yang dibuat berbagai jenis. Seperti untuk sembelih hewan kurban, untuk memotong hewan kurban, hingga kapak yang digunakan untuk memotong tulang hewan kurban. Bahan yang digunakan dari logam biasa, besi biasa, hingga besi super.


“Sedangkan untuk harga dipatok untuk pisau sembelih hewan kurban dari Rp 350 ribu sampai Rp 400 ribu. Untuk sembelih kambing Rp 250 ribu, pisau cincang daging dari Rp 25 ribu sampai dengan Rp 120 ribu. tergantung bahannya juga,” ungkapnya. (IJ)

No comments

Powered by Blogger.