UPT Puskesmas Ngembal Kulon Mengadakan Lokakarya Mini Lintas Sektoral

 

Turut hadir dalam Lokakarya Mini Lintas Sektoral Muspika Jati


LINTASKUDUS.COM - Puskesmas Ngembal Kulon melaksanakan kegiatan "Lokakarya Mini Lintas Sektor" se-wilayah kerja Puskesmas Ngembal Kulon.

Acara ini dilaksanakan di Gedung Graha Mustika Getas Pejaten pada hari Rabu, 19 Agustus 2020 jam 10.00-13.00 WIB,

Kegiatan yang mengambil tema "Membangun Komitmen Bersama di Masa Pandemi" dipimpin oleh Kepala Puskesmas Ngembal Kulon Kamal Agus Efendi  S.Kep., Ners

Acara ini juga dihadiri oleh Kabid Kesmas DKK Kudus Anik Retnowati SKM, Camat Jati Andrias Wahyu Adi, Unsur Muspika Jati (Danramil & Wakapolsek), Korwil Pendidikan Kec Jati, Kepala KUA Kec Jati, Ketua TP PKK Jati, semua Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua TP PKK Desa, Ketua FKD/ Kader Kesehatan se-wilayah kerja Puskesmas Ngembal Kulon.

Kegiatan itu bertujuan untuk menguatkan komitmen bersama semua sektor di wilayah kerja Puskesmas Ngembal Kulon Kecamatan Jati & meningkatkan koordinasi serta soliditas dalam rangka memecahkan masalah bidang kesehatan yg ada.

Dalam kesempatan itu, Kepala Puskesmas Ngembal Kulon memaparkan perkembangan penanganan covid-19 dengan konsep Adaptasi Kebiasaan Baru & pedoman terbaru pencegahan & pengendalian covid-19 sesuai KMK 413/2020.

"Hari ini menjadi moment yg penting untuk menguatkan dan menegaskan kembali komitmen bersama dalam mewujudkan pembangunan yg berwawasan kesehatan di wilayah kecamatan Jati, khususnya di masa pandemi covid-19,” Kata Kepala Puskesmas Ngembal Kulon.

Sektoral Muspika Jati,  Mengisi Daftar Hadir 

Juga disampaikan permasalahan kesehatan yang lain di wilayah kerja Puskesmas Ngembal Kulon, antara lain terkait Kesehatan Ibu & Anak, Penyakit Tidak Menular & Penyakit Menular khususnya, HIV, Hepatitis & TB.

Dalam kesempatan itu juga dilaunchingkan inovasi "KUPAT ASEM (aKU PATuh Aku SEMbuh)" untuk meningkatkan angka kesembuhan pasien TB. Juga dikuatkan kembali inovasi "POSHANZIB (POS ketaHANan giZI Balita)" dengan metoda baru untuk menekan angka gizi kurang & stunting pada balita di wilayah kerja Puskesmas Ngembal Kulon.

Camat Jati, Andrias dalam sambutannya mengatakan bahwa masalah pandemi tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan atau Puskesmas saja tetapi menjadi tanggung jawab bersama semua sektor karena masalah pandemi ini tidak hanya masalah kesehatan tapi sudah merambah ke masalah sosial kemasyarakatan, pendidikan & ekonomi. 

"kegiatan lokakarya mini ini sangat tepat untuk menguatkan komitmen semua sektor dalam gotong royong agar pandemi segera berakhir" Ujar Camat Jati

Sementara itu Anik Retnowati, Kabid Kesmas DKK mengatakan Kudus saat ini sudah masuk zona oranye untuk itu pihaknya berharap protokol kesehatan dapat terus disosialisasikan & diterapkan masyarakat sehingga angka  positif covid-19 bisa semakin ditekan.

Kemudian diakhir acara,  dilakukan penandatanganan komitmen bersama semua sektor untuk berperan serta & pro aktif dalam membangun wilayah Kecamatan Jati yg berwawasan kesehatan, khususnya dalam pencegahan & penanganan pandemi virus Corona. (AD) 

No comments

Powered by Blogger.