KKN Posko 190 Adakan Seminar Daring "Media Jurnalisme Islam"

Pamlet Seminar Daring Oleh KKN IK DR IAIN Kudus Posko 190


LINTASKUDUS.COM - Dalam rangka melaksanakan PROGJA (program kerja) Kuliah Kerja Nyata Integrasi Kompetensi Dari Rumah (KKN IK DR) IAIN Kudus tahun 2020, posko 190 akan menyelenggarakan kegiatan Seminar Online untuk umum. 

Kegiatan ini mengangkat judul "Praktik Media di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Jurnalisme Islam" . Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 24 Agustus 2020, pada pukul 10.00 WIB sampai selesai. Dengan fasilitas e-sertifikat, ilmu yang bermanfaat, giveaway menarik, dan relasi. 

Adapun syarat pendaftaran cukup dengan subscribe chanel youtube @KKNIKDR 190 dan mengisi link pendaftaran yang telah disediakan tanpa dipungut biaya (free HTM). Acara tersebut dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom dan secara live di youtube @KKNIKDR 190.

Seminar Online tersebut bertujuan sebagai bentuk kegiatan pengabdian yang mencakup ruang lingkup di bidang Media massa dalam pandangan jurnalisme Islam di masa pandemi covid-19. 

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meninggkatkan motivasi masyarakat untuk tetap berkarya melalui media meskipun dimasa pandemi covid-19.

Publikasi seminar ini sudah dilaksanakan dari beberapa hari sebelumnya, dan hingga saat ini peserta yang mendaftar sudah mencapai sekitar 70 peserta. 

Pendaftaran peserta masih berjalan sampai 2 jam sebelum acara terlaksana. Seminar ini menghadirkan dua pembicara, dan disertakan Juru Bahasa Isyarat yang pastinya menarik buat kalangan disabilitas.

Pembicara pertama yaitu Primi Rohimi S.Sos., M.S.I selaku Dosen Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN Kudus, sekaligus sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN IK DR IAIN Kudus Posko 190. 

Beliau juga merupakan pendiri dan Ketua Yayasan Sosial Keagamaan ABOESIRI di Klambu, Grobogan serta pendiri SMK Unggulan Klambu. Beliau juga tercatat sebagai Pengurus Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama (PCMNU) Kudus periode tahun 2016-2020.

Pembicara kedua yakni Sunarni, M.I.Kom. merupakan seorang Dosen praktisi IAIN Kudus dan jurnalis lepas BBC News Indonesia pada saat ini. Beliau salah satu anggota Alliance of Independent Journalists Indonesia (AJI) dan Peace and conflict Journalism Network (PECOJON) Internasional, 

beliau juga ketua bidang organisasi Society of Indonesian Environmental Jurnalists (SIEJ) hingga sekarang dan penerima berbagai penghargaan di bidang jurnalisme.

Seminar tersebut dipandu oleh moderator Bayu Awalul Budiana, mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam di IAIN Kudus. Ia juga aktif di organisasi IPNU sebagai Ketua Pimpinan Anak Cabang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak priode 2020-2022.

"Media sekarang merupakan suatu yang tidak terlepas dari pandangan orang dimasa ini. Apalagi dengan maraknya virus covid-19 dimana mengharuskan seseorang untuk dirumah saja agar terhindar dari virus tersebut. Media online sekarang menjadi sorotan banyak kalangan,  terutama anak-anak muda sekarang yang banyak membuat konten, tapi tidak sesuai dengan tata cara jurnalistik islam, mereka hanya mengedepankan hiburan saja, di banding dengan edukasinya. " kata Bayu

Untuk lebih jelasnya, ikuti dan pecahkan masalahnya di Seminar Online ini sampai tuntas. Jangan lupa like dan subscribe youtube @KKNIKDR 190 dan natikan konten-konten menarik dari KKN IK DR Posko 190 IAIN Kudus. Untuk info lebih lanjut kalian bisa menghubungi nomer atas nama Tevy (082133684382) dan Ashfa (08993832073). (AD) 


No comments

Powered by Blogger.